Mengenai Saya

Foto saya
Saya lebih baik mementingkan diri saya pribadi daripada mementingkan sesuatu yang tidak menarik di dunia ini, dan saya lebih mengutamakan pertemanan daripada permusuhan, dan saya lebih baik mati daripada saya tidak mempunyai teman-teman yang selalu berbuat baik untuk saya. karena saya butuh nilai dari kalian tentang pribadi dari saya, terima kasih.....

Selasa, 11 September 2012

TUGAS Ketenagakerjaan dan Pengangguran, Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi


SOAL NO.1: ( Hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja ! )
Jumlah penduduk adalah banyaknya orang yang mendiami suatu wilayah negara.penduduk suatu negara dapat dibagi dalam dua kelompok,yakni kelompok penduduk usia kerja (tenaga kerja) dan kelompok  penduduk bukan usia kerja.

Angkatan kerja adalah penduduk dalam usia kerja(15 tahun keatas),baik yang bekerja maupun yang tidak bekerja.kelompok ini biasa disebut sebagai kelompok usia produktif.namun,tidak semua angkatan kerja dalam suatu negara mendapat kesempatan bekerja.mereka inilah yang disebut penganggur.

Kesempatan kerja adalah tersedianya lapangan kerja bagi angkatan kerja yang membutuhkan pekerjaan.kesempatan kerja di Indonesia dijamin dalam pasal 27 ayat 2 UUD 1945 yang berbunyi: “tiap- tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak”.dari bunyi pasal 27 ayat 2 UUD 1945 itu jelas bahwa pemerintah Indonesia bertanggung jawab atas penciptaan lapangan kerja.pemerintah berusaha untuk menciptakan lapangan kerja bagi setiap warga negara karena penciptaan lapangan kerja berhubungan dengan peningkatan pendapatan perkapita sekaligus pendapatan nasional.

Tenaga kerja dapat pula kita bagi dalam dua kelompok,yakni kelompok angkatan kerja dan kelompok bukan angkatan kerja.

SOAL NO.2: (
Mengapa pengangguran bisa terjadi ! )
Mengapa pengangguran terjadi, karena banyaknya orang yang mencari kerja dan banyak sekali yang di terima di sebuah perusahaan, oleh karena itu banyak pengangguran yang ada di dunia. Dan karena faktor kemalasan dari sebuah individu manusia yang tak mau atau tak ingin mencari sebuah pekerjaan.

SOAL NO.3: (
Bagaimana menurutmu cara yang paling tepat mengatasi pengangguran di Indonesia! )
Cukup sederhana kita jika tidak mempunyai pekerjaan dan bias disebut menganggur kita bisa membuat lapangan kerja dan usaha kecil-kecil an untuk mendapatkan sebuah kerjaan dan menganggur sedikitpun.

SOAL NO.4: ( 
Bagaimana menurutmu tentang system Outsoursing di Indonesia?  )
Sebaiknya di tiadakan karena individu hanya bekerja seminimal pekerjaan yang mereka dapat tanpa seluruhnya dia bekerja, apalagi ditambah gaji sedikit jadi mereka juga harus bekerja banyak tanpa di alihkan ke yang bukan ahlinya dan mendapatkan upah dan gaji yang cukup besar. Yang di maksud dengan outsorcing adalah Outsourcing atau alih daya merupakan proses pemindahan tanggung jawab tenaga kerja dari perusahaan induk ke perusahaan lain diluar perusahaan induk.

SOAL NO.5: ( 
Keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia ! )
Kegagalan nya adalah
1. Pembangunan yang menciptakan ketergantungan.
2. Pembangunan yang bertumpu pada politikpertumbuhan
3. Pembangunan yang berpihak pada pasar
4.Pendarahanyang melunjak pada APBN

Keberhasilan nya adalah:
Kondisi ekonomi Indonesia yang terus tumbuh dan menempatkan Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru dalam percaturan ekonomi dunia, terutama di Asia. Para pakar ekonomi dunia memprediksi Indonesia sebagai emerging market (pasar potensial), sehingga merubah struktur pasar potensial ekonomi dunia  yang saat ini didominasi BRIC yakni Brasil, Rusia, India dan China, kini  ditambah dengan Indonesia, Afrika Selatan, Meksiko dan Turki.
Berbagai indikator kemajuan ekonomi yang telah dicapai Indonesia sampai dengan awal 2011 meliputi:
Pertumbuhan ekonomi tahun 2010 mencapai 6,1%, untuk triwulan I 2011 sebesar 6,5%  dan rata-rata dari tahun 2005 - 2010 sebesar 5,7%;
Produk Domestik Bruto (PDB) Rp 7.019 triliun;
Nilai APBN 2011 mencapai Rp 1.229 triliun dengan nilai kurs Rp 8.904 per US dollar;
Pendapatan Perkapita sekitar Rp 29,54 juta;
Cadangan Devisa US$ 115,8 miliar;
Investasi triwulan I tahun 2011 sebesar Rp 53,6 triliun;
Angka kemiskinan 2010 tercatat 13,3%, sementara angka pengangguran Februari 2011 tercatat 6,8%;
Subsidi tahun 2011 sebesar Rp 187,6 triliun, meliputi BBM Rp 95,9 triliun, listrik Rp 40,7 triliun, pangan Rp 15,3 triliun, pupuk Rp 16,4 triliun, PSO Rp 1,9 triliun, bunga kredit program Rp 2,6 triliun dan pajak Rp 14,8 triliun.

SOAL NO.6: ( Perbedaan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi ! )
1. Merupakan proses naiknya produk per kapita dalam jangka panjang.

2. Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan.
3. Tidak memperhatikan pertambahan penduduk
4. Belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.
5. Pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi
6. Setiap input dapat menghasilkan output yang lebih banyak
    Pembangunan ekonomi.




SOAL NO.7: ( 
Sebuah kasus pembangunan berwawasan lingkungan / tidak  ! )
Disadari sepenuhnya bahwa kegiatan pembangunan apalagi yang bersifat fisik dan berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam jelas mengandung resiko terjadinya perubahan ekosistem yang selanjutnya akan mengakibatkan dampak, baik yang bersifat negatif maupun yang positif. Oleh karena itu, kegiatan pembangunan yang dilaksanakan seharusnya selain berwawasan sosial dan ekonomi juga harus berwawasan lingkungan.

SOAL NO.8: ( Profil wirausahawan yang akan dikunjungi oleh kelompokmu! )
Insya Allah bua tugas no.8 ini menyusul J


Terimakasih



Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Black Flaming